Untuk rekan-rekan yang baru saja gabung dalam game online perangkaum, mungkin masih banyak yang
agak kurang mengerti dengan istilah ataupun teknik dalam game
perangkaum. Ini mungkin bisa membantu rekan-rekan untuk mempermudah
menikmati dan menuju kemenangan dalam game online perangkaum ini...kalo
masih kurang mengerti...ya coba tuk bertanya pada teman sekaum anda
KOLONI
Koloni
adalah kumpulan desa yg saling berdekatan, koloni biasanya terdiri dari
5-8 desa dan koloni besar bisanya 12-15 desa atau lebih.
fungsi
koloni ini adalah sebagai benteng dalam pertahananmu, isi di dalam
sebuah koloni terdiri dari desa offense, desa defense dan desa datuk.
desa
offense untuk membuat pasukan pemukul atau nuke desa defense untuk
membuat bunker pertahanan, sedangkan desa datuk adalah desa dimana kamu
bisa menbuat datuk sebanyak-banyaknya.
kenapa
harus di buat seperti ini karena saat peperangan besar terjadi kamu
akan menghadapi kesulitan apabila jarak desamu satu sama lain letaknya
saling berjauhan
kesulitan
dalam mempertahankan desa dan kesulitan dalam menyerang dengan kekuatan
penuh (mengirim beberapa nuke dan train datuk dalam arrival time yg
bedanya beberapa milidetik)
sebuah
koloni saat peperangan akan menumpukan semua pasukan defense dalam 1
titik (desa) yaitu desa datuk (nobleman) posisi desa datuk harus berada
di tengah-tengah koloni.
biasanya
dalam sebuah perang musuh akan mengirim beberapa serangan palsu atau
fake, jumlah serangan bisa puluhan bahkan ratusan kamu akan kesulitan
menentukan mana serangan yang asli dan mana yang palsu serta mana
serangan yang berisi train datuk?
bila hal ini terjadi sembunyikan pasukan serang nuke ke desa barbar di dekat desamu atau dengan istilah douge (berkelit)
apabila
salah-satu desamu akhirnya jatuh ketangan musuh (didatuk) maka dengan
cepat kamu dapat menyerang dengan nuke dan train datuk, biasanya desa
yang baru di rebut pertahanannya sangat rapuh dan mudah untuk di rebut
kembali apabila kamu memiliki sebuah koloni...
===========
sebelum
ada yg meminta bantuan, harap pelajari teknik-teknik yang sering
digunakan dalam menghadapi serangan musuh.. Selain berguna untuk
penggunaan pasukan bertahan yang bisa lebih efisiensi, juga bisa
digunakan untuk memberikan kerugian di pihak musuh yang lebih besar..
1.DODGE : alias menghindar..
Manuver
ini akan sangat berguna dilakukan apabila desa anda diserang oleh
pasukan bukan cata.. caranya, HABISKAN SEMUA SDA (upgrade bangunan/kirim
ke desa lain/bikin pasukan (paling kepepet)) sampai batas cranny/ruang
rahasia.. tunggu sampai kurang lebih minus 30 atau minus 10 sebelum
penyerang masuk, baru KIRIM KELUAR SEMUA PASUKAN anda..
Setelah
serangan masuk, BATALKAN PENGIRIMAN PASUKAN tadi . Dengan dodge,
penyerang tidak mendapatkan jarahan dan pasukan anda tidak ada yang
mati. Malah kalau tembok anda tinggi (level 7 ke atas, penyerang kan
mati 1 atau 2 karena tabrak tembok ^^)
Jangan
lakukan serangan ke desa lain, sebagaimana diamalkan kebanyakan pemain
karena kita enggak tahu jumlah pasukan di desa yang kita secarang
tergesa2...tanpa pengintip...
Itu
susahnya, kalau mau gampangnya, misalkan ada serangan, kirimkan pasukan
anda ke desa terdekat (entah kawan/barbar/bonus), setelah serangan
masuk dan situasi desa sudah aman, tarik kembali pasukan anda...
Inti
dari Dodging adalah tidak menahan serangan musuh, meminimalkan korban
pasukan dipihak kita, serta memperkecil jumlah SDA yg dibawa oleh
lawan...
2.INTERCEPT : alias menghadang..
Manuver
ini adalah manuver tingkat lanjut yang dilakukan untuk membantu desa
lain yang diserang atau memperbesar kerugian di pihak musuh.. caranya,
liat gelombang penyerangan. Contoh gelombang penyerangan misalnya :
Penyerang Jumawa dari desa Clearing
tiba dalam 1:13:47 pada 16:04:45 jam (Cleaner)
Penyerang Hasannudin dari desa Finish Him
tiba dalam 1:13:47 pada 16:04:45 jam (Cleaner)
Penyerang Edgun dari desa Konoha
tiba dalam 1:13:47 pada 16:04:45 jam(cleaner)
Penyerang Sogo dari desa Carefour
tiba dalam 1:15:17 pada 16:07:15 jam (Catapult/Nooble)
nah
untuk intercept, kita harus KIRIMKAN BANTUAN TEPAT PADA JEDA antara dua
gelombang yang mempunyai JEDA waktu tersebut untuk menghadang gelombang
serangan.. Untuk menghadang hanya bisa dilakukan di gelombang ke 4 dan
golombang kedatangan ke 5.
Intercept yg sukses untuk serangan ini apabila di Peninjauan Pasukan di Titik Temu seperti ini :
Penyerang Jumawa dari desa Clearing
tiba dalam 1:09:47 pada 16:04:45 jam
Penyerang Hasanuddin dari desa Finish Him!
tiba dalam 1:13:47 pada 16:04:45 jam
Penyerang Edgun dari desa Konoha
tiba dalam 1:13:47 pada 16:04:45 jam
Pembela CG dari desa apa aja dech
tiba dalam 1:10:07 pada 16:05:05 jam
Penyerang Yogyakarta dari desa Bintaran Lor
tiba dalam 1:11:17 pada 16:07:15 jam
kalau
yang punya desa mau bertahan juga di gelombang 4, maka dia harus DODGE
di gelombang pertama dan memastikan pasukannya telah kembali ke posisi
sebelum gelombang terakhir masuk..
Inti dari Intercept adalah mendodge serangan cleaner, dan menahan serangan cata/nooble(datuk)
3.COUNTER ATTACK : alias menyerang balik..
Caranya
yang paling ribet dan membutuhkan perhitungan matang.. langkah pertama
adalah HITUNG SERANGAN ITU. Kemudian hitung jarak desa anda ke desa
penyerang.. HITUNG TRAVEL TIME penyerang (kapan dia tiba di desanya).
Kalau unitnya cepat, berangkatkan pasukan anda agar tiba bersamaan
dengan pasukan tersebut pulang kampung. Kalau unitnya lambat, DODGE
dulu.. kemudian liat tipe pasukan yang paling lambat yang ada di
penyerangan itu (anggaplah yang serang 40 axefighter + 10 Kavaleri --
yang paling lambat berarti axefighter).. ..
KIRIM
PASUKAN SERANG KESANA agar TIBA BERSAMAAN dengan penyerang pulang ke
desanya.. Counterstrike dapat dilakukan oleh desa yang diserang maupun
desa teman.. Intinya adalah perhitungan.. Countrstrike biasa digunakan
untuk membunuh catapult atau ram lawan di kota mereka sendiri..
untuk menghitung travel time unit dari kota ke kota, gunakan url link ini :
http://id.twstats.com/id2/index.php?page=attack_planner
Dari 3 tips diatas, ada 2 hal penting dibutuhkan:
1. Waktu Online.
2. Kerjasama dengan teman.
Dua hal inilah yg bisa menentukan Dodge, Intercept, atau Counter Attack akan berhasil...
Istilah lainnya:
1. stacking.. kirim pasukan bertahan sebanyak2nya ke desa yang sedang di serang sebelum noble trainya sampai
2. sniping.. nyelipin support diantara seranganya pertama sampai serangan ke 4 noble train tersebut.
3.
retaking.. menyerang desa yang di serang oleh noble train tersebut
dengan noble pas setelah noble train musuh sampai untuk mengambil
kembali desa yang terambil itu
4.
prenoble / self nobling.. turunin sendiri kesetiaan desa yg sudah pasti
mau diserang dgn noble train, turunin sampai kesetiaan < 20 saat
serangan pertama noble train sampai,jd 1 serangan desa sudah langsung
ternoble, serangan kedua, ketiga dan keempat akan menabrak pasukan
didepannya, lalu 3. retaking..
pastinya minimal 3 pasukan musuh akan hancur karena bentrok dgn pasukan (teman) sendiri, + 1 oleh pasukan retaker..
musuh kehilangan 4 nobleman hanya untuk ngambil 1 desa, pasukan habis, dan membutuhkan banyak waktu untuk buat noble train ulang
==============
SENJATA
Berikut nama-nama senjata di perang kaum:
1. Halberd of Guan Yu = Tombak Pasai
2. Paracelsus' Longsword = Golok Sulangkar
3. Thorgard's battle axe = Baliung Nagageni
4. Nimrod's long-bow = Gendewa Guruh
5. Kalid's telescope = Teropong Bosko
6. Mieszko's lance = Lembing Pasola
7. Nimrod's composite bow = Busur Mahendra
8. Baptiste's Banner = Panji Kerajaan Majapahit
9. Carol's morning star = Gada Buto Ireng
10. Aletheia's Bonfire = Suluh Puti Gagak
11. Vasco's Scepter = Tongkat Aki Tirem
Fungsi dan kegunaan:
Tombak Pasai
(Meningkatkan daya serang pasukan Tombak hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)
Golok Sulangkar
(Meningkatkan daya serang pasukan Pedang hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)
Baliung Nagageni
(Meningkatkan daya serang pasukan Kapak hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)
Gendewa Guruh
(Meningkatkan daya serang pasukan Pemanah hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)
Teropong Bosko
(Pengintai/Pandu
yang dapat melihat semua pasukan desa/kampung lawan mencakup/termasuk
yang tidak berada dirumah (bisa lagi mendukung, ataupun
menjarah/menyerang)
Lembing Pasola
(Meningkatkan daya serang pasukan Kavaleri hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)
Busur Mahendra
(Meningkatkan daya serang pasukan Pemanah Berkuda hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)
Panji Kerajaan Majapahit
(Meningkatkan daya serang pasukan Zirah hingga 30% dan daya pertahanannya hingga 20 %)
Gada Buto Ireng
(Meningkatkan daya serang/Hancur pasukan Pendobrak hingga 100% dan tidak menambah daya pertahanannya sama sekali)
Suluh Puti Gagak
(Meningkatkan daya serang/Hancur pasukan Pelontar/Ketapel hingga 100% dan menambah pertahanan pelontar 10x lipat dalam bertahan)
Tongkat Aki Tirem
(Meningkatkan
kemampuan datuk dalam menurunkan kesetian desa lawan sebanyak 30% dan
meningkatkan daya tahannya 20%, kemampuan dasar seorang datuk dalam
menurunkan kesetian desa lawan adalah 20-35)
===================
1.
satu player wajib memiliki 1 desa FULL DEF (pengertian nya dah
dijelaskan detail di sub forum strategy...), kalo bisa deket2 ama desa
utama kita, knapa ? karena biasanya desa utama yg memiliki RUMAH adat,
so... kalo kerebut, sepertinya 90% GAME OVER, alias males maen...
2.
KUALITAS LEBIH PENTING dari KUANTITAS, tanya knapa ??? kalo desa banyak
ga bisa kejaga semua, percuma kan, nanti ujung2nya kita cm bantu rawat
tuh desa trs buat diambil org lain, MAKANYA JANGAN MAEN SIM CITY, poin
penting, pasukan juga penting, poin ga gede, SDA pun seret, semua serba
bergantungan, so.... inti dari ini semua adalah apa yang harus dijaga
??? Jawabannya : STABILITAS
3.
SOAL serangan dan bertahan, kalo bisa lebih di koordinir lage, karena
Jam ETA ga boleh terlalu jauh, meskipun itu hanya fake attack, trs kalo
def pun, kirim ke yg butuh tapi ga NGASAL, kalo kasus nya si mikael kan
jelas, nyampe jam rapa, dan lain2, yg kyk gitu, boleh kalo emang sempet
kita bantu... jadi jangan ampe sia2, karena ini semua ditulis By DATA,
(misal mau jahat, buktinya copas aja, abis itu cancel, kan pasukan ga
kekirim juga...)... makanya disini kita harus : KOMPAK dan SALING
PERCAYA...
4.
Banyak player yg desanya banyak, tapi masih kecil2, kalo saran saya sih
bikin 2-3 desa dl yg cukup kuat, misalnya, min pedang 2000, tombak
2000, pemanah 1000, sisany kavaleri 1000, kapak 2000-3000, ini kan bukan
finalnya... yg penting ada def, ada attack, dan kalo bisa desa ke 2 yg
ideal adalah :
- desa bonus SDA apa aja.
- desa ini dijadikan FULL DEF.
-
desa ini berfungsi sebagai STRONGHOLD, buat dukung desa utama bila ada
serangan, ini adalah P3K nya desa utama kamu, sebelum bantuan dari
teman2 yg lain datang.
-
karena desa ini adalah SDA, so, SDA akan lebih cepet dicetak, fungsinya
bisa dialirkan ke desa utama, juga bisa sebagai BUNKER kita sendiri,
misalnya buat cetak pasukan def terus menerus di desa ini...
5. macam2 desa bonus cocok untuk (pendapat pribadi):
desa def:
- SDA 30%, kayu, tanah, besi
- barrack
- pedagang/gudang
desa att:
-populasi
-istal
-bengkel
=============
A. Menghadapi/ mengalahkan serangan Noble train DatukStrategi yang tepat, karena dibutuhkan ketepatan yang sangat akurat!
Satu-satunya metode untuk menghalau train datuk saat kita masih lemah
biasanya
datuk dikirimkan 4-5 gelombang sekaligus, agar desa dapat dikuasai
dalam sekali serang (dibagi 4-5 wave),yang sulit adalah apabila jeda
waktu serangan sangat mepet
misalkan waktu tiba
wave 1 : 12.34.55
wave 2 : 12.34.56
wave 3 : 12.34.57
wave 4 : 12.34.58
wave 4 : 12.34.59
kalo
seperti ini, harapan terakhir adalah menumpuk semua defense di desa
kita, ingat! SEMUA DEFENSE, seperti dalam strategi no 1 diatas
Tapi, ingat kelemahan datuk! yaitu LAMBAT!
dimana-mana, menyerang menggunakan datuk selalu butuh waktu 35 menit/petak
nah
disini kesempatan kita, gunakan PANDU! untuk mengintip desa yang
menyerang kitadimana-mana, PANDU apabila tidak berbarengan dengan unit
lain (kecuali ksatria) selalu butuh waktu 9 menit/petak!
jadi bolak-balik tetep lebih cepat pandu
usahakan mengirim SEBANYAK MUNGKIN PANDU, juga gunakan ksatria jika punya senjata TEROPONG BOSCO!
Nah setelah diintip, ada 2 kemungkinan
- desa penyerang masih berisi banyak pasukan << berarti dia cuma nge-fake doang
- desa penyerang kosong << berarti dia beneran ngirim full force attack, atau sembunyikan pasukannya dia
-
desa penyerang kosong, tapi masih ada banyak sekali pasukan diluar desa
<< hanya bisa digunakan jika ksatria membawa Teropong Bosco
<< lihat pasukan diluar desa, kalau ada 4 datuk dan pasukan full
offense, saatnya berdoa dan mengatur siasat karena dia beneran menyerang
kita menggunakan train datuk
masih ada kemungkinan bertahan!
Train datuk biasanya seperti ini
- wave pertama full pasukan serang, dan kalo nekat, datuknya dibawa sekalian
- wave kedua - kelima hanya berisi 1 datuk dan pasukan seadanya
nah,
saat 1 menit sebelum pasukan tiba, kirim keluar semua pasukan defense
kita, dan tarik kembali, kira-kira 30 detik sebelum serangan pertama
tiba
jadi pasukan harus balik saat
1. >>>> pasukan kirim keluar desa
2. wave 1 full force datang <<<< pasukan tarik kembali ke desa
3. <<<< pasukan udah harus ada di desa
4. wave 2
5. wave 3
6. wave 4
7. wave 5 dst
biarpun
pertamanya kesetiaan desa kita turun, tapi dengan meng-cut train, datuk
selanjutnya pasti mati! karena hanya berisi pasukan seadanya!
memang
cuma bisa digunakan saat kita benar-benar tahu pasukan macam apa yang
akan menyerang kita, maka mengetahui keadaan musuh juga penting, lihat
posisi musuh, keadaan desa musuh, desa dengan poin 'hanya' 3000-4000
tidak mungkin bisa melakukan train datuk << setidaknya poin 4500++
baru bisa noble train datuk
Kalo
desa kita isinya pasukan serang semua, dan BENAR-BENAR TIDAK ADA
KEMUNGKINAN LAIN << temen buat support defense jauh semua,
sekeliling cuma ada musuh.....
ya
pilihan terakhir ya last hit, kirim semua pasukan kita ke desa musuh yg
mendatuk, biarpun dia nanti dapet desa kita, yang penting pasukan
bertahannya mati juga (lebih seru kalau ada pelontar, kirim semua
pasukan + alat"berat, target "PERTANIAN", temboknya hancur total,
pertaniannya hancur, pasukannya yg balik juga mati nantinya <<
bener-bener balas dendam
Nanti teman sekaum kita bisa ngeratain desa dia
Semua
hal diatas memerlukan keahlian dalam menganalis jenis attack yang akan
datang, dan kemudian memutuskan metoda yang mana yang tepat untuk
digunain. Tanpa hal itu, percuma......
JaJangan
jadikan dirimu jadi pengecut, buatlah dirimu (biarpun akhirnya nanti
kalah kalah juga) >> jadi lawan yang akan diingat, bukan karena
lari dari pertempuran, tapi karena memiliki strategi perang yang hebat!
membuatmu sulit dikalahkan! << meskipun kamu mungkin suatu saat
juga dibalas di hancurkan
B.Poin Maksimal
Bangunan pada tingkatan maksimal
NOTE : angka dibelakang tingkatan (pop) menunjukkan jumlah populasi pertanian yang dibutuhkan
Jadi untuk membuat balai desa ke level 30, dibutuhkan 475 populasi dst.....
Poin yang akan didapat desa seperti dibawah adalah 12154 << poin maksimal
Balai Desa (level 30) (pop 475)
Barak (level 25) (pop 303)
Istal (level 20) (pop 158)
Bengkel (level 15) (pop 72)
Pandai Besi (level 20) (pop 395)
Rumah Adat (level 1) (pop 512)
Alun-Alun (level 1) (pop 10)
Tugu (level 1) (pop 20)
Pasar (level 25) (pop 866)
Penebang Kayu (level 30) (pop 326)
Galian Tanah Liat (level 30) (pop 477)
Tambang Besi (level 30) (pop 949)
Pertanian (level 30) (pop 0)
Gudang (level 30) (pop 0)
Tembok (level 20) (pop 99)
Total populasi maksimal pada sebuah desa adalah 24000
Jumlahkan angka pop diatas, maka akan didapati angka 4640
artinya 24000 - 4640 = 19360
maka
jika kita memaksimalkan tingkatan semua bangunan, hanya tersisa 19360
populasi yang nantinya digunakan untuk membuat pasukan/datuk dsb....
Penggunaan populasi yang efektif sangat dibutuhkan!
Jangan
tingkatkan semua bangunan ke level maksimal, cukup bangunan-bangunan
penting saja yang memang benar-benar dibutuhkan untuk naik ke level
maksimal
-
pasar maksimal hanya sampai level 20, tidak lebih dan tidak kurang,
kurang dari 20 = sulit dalam mengirim support, lebih dari 20 =
membuang-buang populasi
-
hanya bangun rumah adat pada desa offensif! tidak ada gunanya membangun
rumah adat pada desa defensif, kecuali kalau desa itu digunakan untuk
mendatuk desa bonus
-
hal yang sama berlaku pada bengkel pandai besi, apabila kita tidak
membangun rumah adat, maka level pandai besi maksimal yang disarankan
adalah 12! tidak lebih dari itu
NOTE : guide dibawah ini mengasumsikan jika pertanian yang dipakai kurang lebih sebanyak 20000 populasi
OFFENSIVE VILLAGE
(recommended : very active player, experienced)
Desa dimana kamu harus selalu aktif mengecek kondisi desa
Adalah desa yang fokus pada kekuatan serang
Player yang berpengalaman biasanya membuat desa utamanya menjadi desa yang offensif
Pasukan yang dibuat
utama : kapak, kavaleri, pendobrak, pelontar
pilihan : pandu, pemanah berkuda
Balai Desa (level 20)
Barak (level 25)
Istal (level 15)
Bengkel (level 10)
Pandai Besi (level 20)
Rumah Adat (level 1)
Alun-Alun (level 1)
Tugu (level 1)
Pasar (level 20)
Penebang Kayu (level 30)
Galian Tanah Liat (level 30)
Tambang Besi (level 30)
Pertanian (level 30)
Gudang (level 27)*
Tembok (level 20)
*NOTE :
-
gudang tidak perlu dinaikkan sampai maksimal, karena jika kita
diserang, SDA perlu dihabiskan (biar nggak dirampok oleh penyerang
lawan, kalo gudang level 30 dan SDA penuh, repot juga ;)
Komposisi pasukan yang disarankan (minimal)
6000 kapak
2000 kavaleri
750 pemanah berkuda
300 pendobrak
100 pandu
bisa juga komposisi pasukan mengacu pada nuke attack yang ingin digunakan
tinggal disesuaikan dengan selera kita :)
sisa populasi pertanian dapat digunakan untuk membuat datuk, pemanah berkuda, atau pandu
keuntungan (+)
- agresif, desa disekitar kita yang lemah dapat dihajar dengan mudah (mengamankan wilayah 7X7 peta)
- mendatuk lebih cepat/mudah karena pasukan musuh akan mudah dihabisi
- hasil rampokan sangat banyak, berkat penggunaan kavaleri untuk ngrampok
kerugian (-)
-
hanya untuk pemain yang sangat aktif, kalau kamu online cuma 1X sehari
(atau malah 1X tiap 2 hari) jangan pilih desa seperti ini,
ujung-ujungnya kita akan kesulitan berkembang
-
pertahanan akan sangat lemah, apabila kita diserang, maka pasukan harus
diungsikan untuk menghindari kerugian dan SDA harus dihabiskan atau
dikirim ke teman satu kaum
- sering mendapat ancaman, karena kita akan sering menyerang player lain
DEFENSIVE VILLAGE
(recommended : newbie, safe player)
Desa dimana kamu dapat tidur dengan tenang saat tidak bermain
Adalah desa yang fokus pada kekuatan bertahan
Biasanya digunakan oleh mereka yang ingin bermain aman
pasukan yang dibuat
utama : tombak, pedang, pemanah, zirah
pilihan : pandu, pelontar << kenapa pelontar? lihat aja pertahanan pelontar berapa :)
Balai Desa (level 20)
Barak (level 25)
Istal (level 15)
Bengkel (level 5)
Pandai Besi (level 20)* / (level 12)
Rumah Adat (level 1)* / tidak dibangun
Alun-Alun (level 1)
Tugu (level 1)
Pasar (level 20)
Penebang Kayu (level 30)
Galian Tanah Liat (level 30)
Tambang Besi (level 30)
Pertanian (level 30)
Gudang (level 27)*
Tembok (level 20)
*NOTE :
- gudang dapat ditingkatkan hingga level 28-30, itu pilihan :)
- rumah adat sebenarnya tidak perlu dibangun, kecuali kita mendatuk desa bonus disekitar desa bertahan
-
pandai besi juga hanya ditingkatkan maksimal jika kita mau membangun
rumah adat di desa bertahan, jika tidak cukup bangun pandai besi sampai
level 12 untuk meriset pasukan zirah
komposisi pasukan yang disarankan
full force defense melawan infantri
4000 tombak
8000 pedang
8000 pemanah
full force defense melawan kavaleri
8000 tombak
4000 pedang
8000 pemanah
fast built defense dalam keadaan perang
dimana kita harus membuat pertahanan dengan cepat
4000 tombak
4000 pedang
2000 pemanah
1000 zirah
500 pelontar
*note
: jangan lupa untuk membuat 100-200 pandu, atau mengirim pandu kita
dari desa serang ke desa bertahan, untuk membantu defense, agar musuh
tidak tahu tingkat bangunan desa kita
keuntungan (+)
- bisa tidur dengan tenang, kalau diserang bisa bertahan penuh
-
bermain aman, kita tidak mungkin cari gara-gara dengan menyerang player
lain karena pasukan yang ada hanya digunakan untuk bertahan
-
dianggap suka membantu kaum -_-", karena apabila ada anggota kaum yang
diserang, kita dapat membantu dengan kekuatan bertahan penuh
kerugian (-)
- dominasi terbatas, kita akan sulit berkembang kecuali sekitar kita adalah player yang kurang aktif atau banyak desa barbar
- farming lebih lama dan hasil lebih sedikit, karena hanya mengandalkan muatan infantri
- hanya mampu mendatuk desa bonus/barbar
HYBRID VILLAGE
(recommended : either active, experienced or newbie safe player)
Desa dengan pasukan offense dan defense bercampur
Biasanya digunakan pada desa pertama kita atau saat kita baru saja mulai bermain
Player
yang berpengalaman biasanya membuat desa utamanya menjadi hybrid,
kemudian saat memiliki desa kedua, mengubahnya (switch) menjadi desa
offense atau defense
pasukan yang dibuat
utama : tombkak, pedang, pemanah, kavaleri, zirah, pelontar
pilihan : pandu, pemanah berkuda, pendobrak, kapak, tombak
Balai Desa (level 20)
Barak (level 25)
Istal (level 18)
Bengkel (level 5)
Pandai Besi (level 20)
Rumah Adat (level 1)
Alun-Alun (level 1)
Tugu (level 1)
Pasar (level 20)
Penebang Kayu (level 30)
Galian Tanah Liat (level 30)
Tambang Besi (level 30)
Pertanian (level 30)
Gudang (level 27)
Tembok (level 20)
komposisi pasukan yang disarankan
condong ke offensif
1000 tombak
1000 pedang
4000 kapak
2000 kavaleri
400 pemanah berkuda
500 pelontar
sisa populasi gunakan untuk membuat pandu/kapak/kavaleri
condong ke defensif
2000 tombak
2000 pedang
1000 pemanah
1000 kavaleri
1000 zirah
500 pelontar
sisa populasi digunakan untuk membuat pandu/tombak/pedang/pemanah
keuntungan (+)
- kuat dalam menyerang maupun bertahan
- lebih mudah dalam *switch
- fleksibel, menyerang masih cukup kuat, bertahan pun masih sanggup
*switch : berganti haluan
dengan kata lain berganti dari desa defensif ke offensif dan sebaliknya
misal terjadi demikian :
skenario pertama >>
kita diserang, pasukan offense kita kaburkan dan pasukan defense bertahan
maka timbul kerugian besar (karena tidak semua pasukan kita dalam kondisi defense)
namun kita dapat membalasnya dengan mengirimkan pasukan offense ke penyerang
(yang tentunya, si penyerang juga sudah kehilangan kekuatannya sebagian saat menyerang desa kita)
itu artinya kita switch/berganti dari pasukan hybrid menjadi pasukan offense (karena pasukan def sebagian besar/seluruhnya mati)
dan akhirnya kita akan fokus pada pembuatan pasukan offense
skenario kedua >>
kita menyerang, pasukan defense tetap tinggal di desa, pasukan offense maju menyerang
tentunya kerugian yang diderita juga cukup besar karena tidak semua pasukan kita menyerang
seandainya pasukan ofense kita mati semua, dan yang kita serang (atau kaumnya) balas dendam dan balik menyerang,
kita
bisa segera switch ke desa defensif << praktis pasukan offense
kita mati semua, sisanya pasukan defend, maka sekalian jadiin desa
defense aja :)
kerugian (-)
- meskipun kuat dalam menyerang maupun bertahan, kekuatan serang kita masih kalah dengan desa offense dan
kekuatan bertahan kita juga kalah dari desa defense (dengan kata lain, kemampuan yang ada tidak terlalu
menonjol, atau cuma pas-pasan saja)
- tidak terfokus, terkadang pemain yang belum berpengalaman akan bingung, kapan ia harus switch atau kapan
ia harus membuat pasukan tertentu karena pasukan offense defense bercampur aduk
- semi aman, meskipun ada defense di desa, namun tetap ada pasukan offense yang harus diungsikan apabila diserang
gaya
bermain santai/defense >> pasukan offense jika lupa diungsikan
akan banyak yang mati, jadi tetap harus aktif bermain ;)
NOTE : saat clearing sebuah desa (atau tepatnya ngeratain desa) strategi desa hybrid adalah membagi pasukan
menjadi 2 wave, wave pertama berisi full kapak + kavaleri + pemanah berkuda + setengah dari jumlah pelontar,
dan wave kedua berisi sisa pelontar dan sisa dari pasukan kita yg tugasnya untuk menghancurkan pertanian
atau alun-alun desa tersebut
SCOUT VILLAGE
(recommended : advanced experienced player)
desa yang kebal terhadap para pengintip
Adalah desa yang khusus digunakan untuk mengintai desa lain
Biasanya dibangun setelah kita mempunyai beberapa desa
pasukan yang dibuat
utama : pandu, tombak, pedang, pemanah
pilihan : pelontar << untuk defense
Balai Desa (level 20)
Barak (level 25)
Istal (level 20)
Bengkel (level 5)
Pandai Besi (level 20)* / (level 12)
Rumah Adat (level 1)* / tidak dibangun
Alun-Alun (level 1)
Tugu (level 1)
Pasar (level 20)
Penebang Kayu (level 30)
Galian Tanah Liat (level 30)
Tambang Besi (level 30)
Pertanian (level 30)
Gudang (level 27)*
Tembok (level 20)
*note :
- gudang dapat ditingkatkan hingga level 28-30, itu pilihan :)
- rumah adat sebenarnya tidak perlu dibangun, kecuali kita mendatuk desa bonus disekitar desa bertahan
- pandai besi juga hanya ditingkatkan maksimal jika kita mau membangun rumah adat di desa bertahan
komposisi pasukan yang disarankan
well balanced defense scout
2000 tombak
4000 pedang
4000 pemanah
4000 pandu
fast built defense
3500 tombak
4000 pandu
750 zirah
500 pelontar
keuntungan (+)
- kebal dari tukang intip
- mengecoh lawan, karena serangan pertama datang dari sini (serangan pertama kita biasanya adalah pandu
untuk
mengetahui keadaan desa lawan) maka biasanya lawan akan menyerang desa
pandu kita pertama kali, dan kita cukup mem-backup desa pandu kita
dengan pasukan dari desa bertahan
kerugian (-)
- tidak bisa digunakan untuk menyerang (kalau pasukan defense desa pandu diganti menjadi pasukan offensif
akan menjadi tidak efektif)
- sasaran pertama serangan, karena serangan pertama kita dengan pandu datang dari desa ini, lawan yang kita
serang
kemungkinan besar mengirim serangan balasan ke desa ini, jadi perlu
backup pasukan dari desa bertahan yang posisinya sudah aman
NOBLE VILLAGE
recommended : active experienced player
Mungkin ada guide yang mengatakan desa jenis ini yang gunanya memproduksi datuk
sebenarnya desa noble dapat dihasilkan dari desa offense
anggap kita punya 2 desa offense
maka desa pertama memproduksi full pasukan untuk clearing (nuke attack)
dan desa kedua memproduksi pasukan penyerang dan datuk (train attack)
jadi saat kita menyerang
dari desa pertama kirimkan semua pasukan penyerang terkuat (nuke attack untuk clearing desa)
dan desa kedua mengirimkan pasukan penyerang yang kuat dan datuk 4 wave (train attack, langsung menguasai desa)
Semoga bermamfaat
Tipe-tipe nuke attack
1. Quick Build Nuke/War-time Nuke
- 6250 kapak
- 3000 pasukan berkuda
- 225 pendobrak
Ini
adalah tipe nuke attack yg pembangunannya cepat dibanding yg lain dan
tetap masih punya power. Gunakan ini dalam perang ketika anda
membutuhkan waktu cepat membangun nuke attack.
Pemain pengalaman dan ahli menyebutnya “sasuke’s nuke”
2. Noble Nuke
kapak-7500
kavaleri-3200
pendobrak-100
Nobleman/ Datuk-1
Gunakan ini untuk mengambil alih desa lawan. Ingat jgn gunakan ini pada serangan pertama. Dan lakukan train type ini
Gunakan setelah desa cukup rusak.
3. Smash Nuke
10.500-kapak
2000-kavaleri
300-pendobrak
Cukup lama ini membangunnya. Tapi efektif bgt . daya rusaknya besar
4. Fire Nuke
6000-kapak
2750- kavaleri
200-pendobrak
beli sebanyak2nya-ketapel
Gunakan
komposisi seperti ini jika dalam misi menghancurkan suatu desa beserta
tipe bangunannya, anda bs hancurkan bangunan di suatu desa, minimal
sampai lvl 1(satu), powerfull. Namun tolong perhatikan mengenai
effisiensi pendobrak dan ketapel/pendobrak.
Kesimpulan.
Nuke attack diatas adlh yg umum digunakan di Tribalwar internasional.
Tapi minimal, gunakan 2 tipe paling atas.
Tapi jika anda ingin berkreasi, lakukanlah. Mungkin pihak desa bertahan tidak akan tahu apa yg akan menimpa mereka
==============
NUKE n BUNKER
Tentukan
desamu apakah akan menjadi desa type offense atau defense jangan
membuat pasukan dengan campur aduk, karena hanya dengan menentukan
pilihan ini kamu akan mempunyai desa yang kuat dalam menyerang atau
pilihan lain kuat dalam bertahan
desa offense dengan max. populasi 24.000 kamu bisa membuat sebuah nuke pasukan serang yang daya gempurnya sangat hebat.
Nuke ideal
7000 kapak
3000 kaveleri
250 pendobrak
500 pandu
desa defense dengan max populasi 24.000 kamu bisa membuat sebuah banker pasukan bertahan yang sangat kuat
bunker ideal
8000 tombak
8000 pedang
500 pandu
bunker yang cepat di produksi
8000 tombak
1500 zirah
500 katapulat
500 pandu
catatan:
kamu bisa mengkombinasikan pasukan dilihat dari nilai fungsi serang dan
ketahanan pasukan dalam berperang, baca bantuan dan tinjauan pasukan
====================
FULL DEFF
halo,good afternoon all, how are you?
this time to continue the news about the strategy.
Defensive village
Village Headquarters (Level 20)
Barracks (Level 25)
Stable (Level 20)
Workshop (Level 2-5)
Academy (1)
Smithy (Level 20)
Rally point (Level 1)
Market (Level 15-20)
Timber camp (Level 30)
Clay pit (Level 30)
Iron mine (Level 30)
Farm (Level 30)
Warehouse (Level 30)
Hiding place (Level 0) This building only takes up space once the village set-up is complete.
Wall (Level 20)
In
setting up the village thus, building speed in all aspects is
maximized. The following simulations show why it is important to keep
the barracks and stables maximized.
Building time of below defensive troop set-up with level-25 barracks and level 20 stable:
Total duration: 478:06:40 (Barracks) Total duration: 172:55:00 (Stable)
The
workshop does not hold a significant place in most defensive setups,
and is thus often disregarded in defensive calculations.
Building time of below defensive troop set-up with level-23 barracks and level-18 stable:
Total duration: 536:57:20 (Barracks) Total duration: 194:26:40 (Stable)
Fifty-eight
hours are cut from the on the barracks building times, and twenty-two
hours from the stable building times. In a war, or confrontation,
churning out troops at maximum speed is always essential.
troops deff minimal:
6,620 Spears
6,620 Swords
1,250 Heavy Cavalry
=============
aat diserang ama yg kamu lakukan ...
=====
bila desamu di serang lawan tolong biasakan jangan panik
tenang saja selama bukan serangan train nobleman serangan seperti ini tidak berbahaya....
cara menghadapi serangan
-habiskan semua SDA untuk membuat bangunan dan mendidik pasukan baru (jangan tersisa)
-bila
defense tidak kuat,tidak usah di hadapi dengan pasukanmu douge saja
(menghindar/sembunyikan pasukanmu di desa teman terdekat atau di desa
barbar yg terdekat) bila serangan telah lewat segera kembalikan
pasukanmu, krn desa barbar biasanya di serang oleh player yg sedang
farming
-biasakan
lihat arrival time (waktu kedatangan pasukan musuh) bila kamu
menggunakan premium akan terlihat musuh menggunakan pasukan apabila
mengunakan nobleman ini termasuk serangan berbahaya, tapi hindari serang
pertama dan kedua , serangan nobleman ke tiga & ke empat biasanya
lemah, nah saat itulah kamu hadapi pasukan musuh dengan full defense
ingat sembunyikan semua pasukan yang bertipikal "offense troops" seperti kaveleri ringan, pemanah berkuda, ram dan kapak.
No comments:
Post a Comment